DPRD Mesuji Rancang Sistem Pengawasan Eksekutiv

 DPRD Mesuji Rancang Sistem Pengawasan Eksekutiv
Ketua DPRD Mesuji, Fuad Amrullah

gentamerah.comMesuji – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung, segera merancang sistem penguatan dalam pengawasan penyelenggaraan APBD tahun 2018. Alasannya, untuk menjadikan penyelenggaraan Pemkab Mesuji yang sudah dinilai baik dalam pengelolaan APBD tahun 2017, dapat berjalan lebih baik dengan optimalisasi.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Mesuji, Fuad Amrullah usai menghadiri Penyerahan DPA, dari Bupati Mesuji, Khamami di Gedung Serba Guna, Taman Kehati Mesuji, Sabtu (17/1/2018).

Fuad Amrullah mewanti-wanti, setiap OPD agar senantiasa mematuhi ketentuan perundang-undangan dalam melaksanakan segala kegiatan pembangunan dan pemerintahan yang telah tersusun dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). “DPA sudah diserahkan kepada masing-masing OPD, dan selanjutnya mereka  yang melaksanakannya. Kami DPRD setelah menyetujui bersama Raperda APBD Kabupaten mesuji menjadi Perda nomor 12 tahun 2017 tentang APBD Mesuji tahun 2018. DPRD akan melakukan fungsi lainnya yaitu pengawasan,” ujar politisi asal partai NasDem itu kepada wartawan.

Menurutnya,  sudah menjadi tugas dan kewajiban Legislator untuk melakukan fungsi pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan. Pada tahun 2018 DPRD Mesuji akan lebih mengedepankan fungsi pengawasannya ketimbang fungsi legislasi yang dimiliki lembaganya.

“Sebenarnya fungsi pengawasan merupakan  salah satu fungsi  utama di lembaga DPRD, dibanding fungsi legislasinya itu sendiri, dimana dalam proses legislasi mengenal istilah persetujuan bersama. Sedangkan dalam fungsi pengawasan kita punya otoritas penuh” ungkapnya.

Harapannya, dengan optimalisasi peran DPRD , dapat meningkatkan kredibilitas lembaga DPRD,  juga membawa dampak pada terwujudnya penyelenggaran Pemerintah Kabupaten Mesuji yang lebih baik di tahun 2018 ini.

“Untuk itu, kami juga telah menyiapkan anggaran dan jadwal untuk turun kebawah melihat jalannya pembangunan yang dilakukan OPD agar lebih maksimal dan tepat sasaran,” ujarnya.

Penulis : Nara
 Editor : Seno
error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version

Warning

: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18