Karya Wartawan Itu Tidak Ada Yang Buruk Kecuali Copas

gentamerah.comLampung Timur- Sedikitnya 14 wartawan online yang tergabung dalam Ikatan Wartawan Online (IWO) Lampung Timur  mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar organisasi jurnalis online tersebut, di sekretariat IWO Lampung Timur, Sabtu (21/1/2018) .

Keempat belas peserta tersebut berasal  dari berbagai media massa. Dalam pelatihan tersebut mereka diberikan materi tentang cara bermedia sosial yang santun didunia maya, teknik menulis berita online, mengenali katagori berita, unsur-unsur berita, menggunakan kalimat yang efektif.

Ketua IWO Lampung Timur, Edi Arsadad mengatakan pelatihan jurnalistik tersebut dimaksudkan memotivasi anggotanya untuk terus belajar terutama belajar  menulis berita. “Karena munusia tidak ada yang sempurna, maka hidup harus belajar dan belajar,” katanya.

Menurutnya,  pelatihan itu juga bertujuan meningkatkan kompetensi sang wartawan.

Salah satu pemateri berasal dari media Lampungpro.com, Lukman Hakim yang memberikan materi tentang  mengenal struktur berita, kode etik jurnalistik dan UU Pers nomor 40 tahun 1999.

“Saya apresisi IWO Lampung Timur yang punya inisiatif mengadakan pelatihan ini karena wartawan memang harus belajar dan belajar meningkatkan keterampilan menulis,” ujar Lukman.

Lukman mengingatkan,  tidak ada karya wartawan yang buruk, kecuali karya copy paste. “Prinsip saya, tidak ada karya wartawan yang buruk.  yang buruk adalah plagiat, jadi saya ingatkan wartawan tidak melakukan plagiat, karena sebaik-baik karya adalah karya sendiri,” katanya.

Harapannya, wartawan yang tergabung dalam IWO dapat profesional dan media yang tergabung di dalamnya terverivikasi di Dewan Pers.

Sesi terakhir pelatihan jurnalistik ini diserahkan piagam penghargaan dedikasi IWO Lampung Timur kepada Lukmanul Hakim yang telah bersedia berbagi pengalaman dan ilmunya.

Penulis : Arry Andrian
 Editor : Seno
error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version