Dipenguhujuing Tahun, Bupati Lamteng Terima Penghargaan Dari Wapres

gentamerah.com | Lampung Tengah – Akhir tahun 2018, Bupati Lampung Tengah (Lamteng), Loekman Djoyosoemarto, , mendapatkan kado istimewa, dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) RI, berupa penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018, , Rabu (19/12/2018). Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI., Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Lamteng, Sarjito mengungkapkan, penghargaan APE tersebut, hanya diberikan kepada pemerintah kabupaten dan kota, yang mampu menunjukkan komitmennya, dalam pelaksanaan strategi Pengarus Utamaan Gender (PUG) didaerah.

Menurutnya,  anugerah APE diberikan kepada kepala daerah atas prestasi dan kontribusinya, dalam mendukung pelaksanaan dan PUG, Pemberdayaan Perempuan serta Perlindungan Anak.

Selain itu kata Sarjito, penerima penghargaan karena dinilai sukses melaksanakan program Pemberdayaan Perempuan secara berkesinambungan, melalui integrasi isu gender dalam kebijakan, program dan kegiatan pembangunan.

“Penghargaan APE, diberikan berdasarkan sejumlah indikator penilaian, yang digunakan untuk menakar keberhasilan sebuah daerah, dalam pelaksanaan rangkaian program pemberdayaan perempuan, serta perlindungan anak,” jelasnya.

Adapun indikator penilaiannya antara lain mengenai kelembagaan, dukungan forum, komitmen pemerintah, PUG, pelindungan terhadap kekerasan pada perempuan dan anak, serta partisipasi masyarakat dan penguatan.

Penulis : Gunawan
 Editor : Yana
error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version