Setelah Lalui Proses Panjang , Syamsudin Jabat Sekda Mesuji

gentamerah.com // Mesuji- Akhirnya Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mesuji resmi dijabat oleh Syamsudin, S.Sos., yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mesuji. Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan di Rumah Dinas Bupati Mesuji, Desa Simpang Pematang, Kecamatan Simpang Pematang, Kamis (04/06/2020).

Penetapan Syamsudin sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji telah melalui proses seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Kabupaten Mesuji yang dilakukan beberapa waktu lalu dengan berpedoman pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Bupati Mesuji Hi.Saply.TH mengatakan, bahwa jabatan Sekretaris Daerah memiliki peranan yang vital dalam membantu kepala daerah untuk menyusun kebijakan.

“Perlu saya sampaikan bahwa jabatan Sekretaris Daerah memiliki peran yang vital dalam membantu Kepala Daerah menyusun kebijakan, serta membina hubungan kerja dengan dinas, lembaga teknis, dan unit pelaksana lainnya. Dengan demikian, maka Sekretaris Daerah sesungguhnya merupakan motor penggerak organisasi pemerintahan daerah. Untuk itu, kepada Saudara Syamsudin selaku Sekretaris Daerah saya minta agar dapat menjalankan peran dan fungsinya tersebut,”ujarnya.

Selain harus mampu mengemban seluruh aktivitas maupun tugas-tugas administratif lanjutnya, sekda juga harus terus meningkatkan kemampuan dalam menyikapi teritorial dan penyelenggaraan otonomi daerah, serta mampu berkoordinasi dan berkomunikasi secara produktif, kepada seluruh institusi, baik internal maupun eksternal.

“Kita sepenuhnya harus menyadari bahwa tantangan tugas-tugas Pemerintah Kabupaten Mesuji di hari-hari mendatang akan semakin berat, terutama untuk memenuhi tuntutan dan harapan masyarakat,”imbuhnya.

Saply juga berpesan agar amanah yang telah diberikan ini dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya, serta selalu bisa memberikan teladan bagi Aparatur Sipil Negara lainnya.

“Pelantikan pada hari ini hendaknya dimaknai sebagai momentum langkah awal untuk memulai pelaksanaan tugas pemerintah daerah yang lebih baik, guna mendukung aktivitas pemerintah dalam menjalankan fungsinya. Khususnya, untuk menjalankan pelayanan yang tetap prima selama masa “Kenormalan Baru,”Tandasnya.

Penulis : Andi
Editor : Nara Sukarna

Exit mobile version