Bapedda Kota Metro Gelar Sosialisasi SDGs

Bapedda Kota Metro Gelar Sosialisasi  SDGs
Kepala Bappeda Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo

ADVERTORIAL | Metro – Guna Pembangunan Berkelanjutan tahun 2018, Badan Perencanaan Pembangunan (Bapedda) Kota Metro Provinsi Lampung, menggelar sosialisasi Program Sustainable Development Goals (SDGs), di Aula Sekretariat Pemerintah Kota setempat, Senin (12/3/18).

Kepala Bappeda Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk membangun pemahaman bersama terhadap kerangka pelaksanaan dan pencapaian SDGs. Koordinasi dan persiapan dalam rangka penyusunan Rencana Aksi Daerah SDGs yang telah diatur dalam Perpres 59 Tahun 2017 yang melibatkan Akademisi, Filantropi, Pelaku usaha dan organisasi masyarakat sebagai peserta.

“Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Sekretaris SDGs BAPPENAS Khairanis Rahmanda Irina dan Kabid Perencanaan Pembangunan Manusia Bappeda Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri,” ujarnya.

Sementara itu, Staf Ahli II Dian Christini mewakili Walikota Metro Achmad Pairin menjelaskan, sosialisasi Sustainable Development Goals (SDGs) bertujuan untuk Pembangunan Berkelanjutan tahun 2018, sekaligus sebagai program kelanjutan dari Millenium Development Goals (MDGs).

“SDGs diperlukan untuk mengakomodasi seluruh perubahan yang terjadi pasca-2015, terutama yang berkaitan dengan perubahan situasi dunia sejak tahun 2000. Diantaranya adalah mengenai isu penipisan sumber daya alam, kerusakan lingkungan, perubahan iklim, perlindungan sosial, ketahanan pangan dan energi, serta pembangunan yang berpihak pada kaum miskin. Dimana SDGs memiliki 17 goals dan 169 target dan 240 indikator untuk periode pelaksanaan tahun 2015-2030,” terangnya.

Menurutnya,  Indonesia telah menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019, sehingga substansi yang terkandung dalam TPB/SDGGs telah selaras dengan RPJMN yang merupakan penjabaran Nawacita sebagai Visi dan Misi Presiden.

“Demikian pula di tingkat daerah integrasi SDGs ke dalam RPJMD merupakan bagian penting dalam mendukung upaya pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujarnya.ADV

error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version

Warning

: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18