Plt Bupati Mesuji Berjanji Prioritaskan Pembangunan Hingga Pelosok Desa

gentamerah.com | Mesuji– Pemerintah Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung,  berkomitmen untuk memprioritaskan pembangunan yang berkeadilan hingga kepelosok desa. Semua usulan kegiatan yang masuk dalam Musrenbang  akan dibiayai pada APBD kabupaten setempat, dengan memperhatikan prioritas pembangunan daerah dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

“Saya  berharap, kegiatan Musrenbang ini mampu menjadi wadah untuk mengedepankan program antar bidang dan arah kebijakan pemerintah, serta aspirasi dari bawah, yang semuanya bermuara kepada penyempurnaan perencanaan pembangunan,”  kata Pelaksana tugas (Plt) Bupati Mesuji,  Hi.Saply TH., saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan, di Balai Desa Adi Mulyo  Kecamatan Pancajaya, Selasa (12/02/2019).

Saply menjelaskan,   Musrenbang adalah bagian dari proses perencanaan pembangunan Kabupaten Mesuji untuk tahun anggaran yang akan datang. Agenda tersebut merupakan suatu proses penyaringan aspirasi masyarakat yang selanjutnya dijadikan sebagai bahan perencanaan pembangunan ditingkat kecamatan.

“Sebelumnya telah dilakukan kegiatan Musrenbang pada tingkat desa. Dengan demikian diharapkan pembangunan di Kabupaten Mesuji akan benar-benar bercermin dari partisipasi masyarakat,” katanya.

Menurutnya, dalam pelaksanaannya, kegiatan Musrenbang mengacu pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008.

“Selain untuk mendukung koordinasi antar pelaku pembangunan dan menjamin konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengoptimalkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan,” imbuhnya.

Sementara itu,  Camat Pancajaya,  Taufik Widodo mengatakan,  Musrenbang yang sudah dillaksanakan agar didukungan seluruh masyarakat dan kepala desa, sehingga kedepan yang harus menjadi perioritas pembangunan di desanya dapat dilaksanakan.

”Saya berharap melalui kegiatan Musrenbang ini, mampu menjaring aspirasi masyarakat pada tingkat kecamatan panca jaya. Kemudian dari musrenbang ini, akan menentukan arah kebijakan Pemerintah kedepan yang sesuai dengan pembangunan dan sesuai dengan kebutuhan serta keinginan masyarakat,” ucapnya.

Penulis : Nara
 Editor : Yana

error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version

Warning

: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18