Hasilkan 145 Ribu Ton GKP/Tahun, Mesuji Jadi Salah Satu Penyangga Stok Pangan di Lampung

  

Gentamerah.com || Mesuji- Mampu menghasilkan gabah kering panen (GKP) pertahun mencapai 145 Ribu ton, Kabupaten Mesuji menjadi salah satu daerah penyangga stok pangan di Provinsi Lampung. 

Gabah tersebut dihasilkan dari  lahan persawahan yang cukup luas khususya tersebar di tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Mesuji, Mesuji Timur dan Kecamatan Rawajitu Utara (Rju) yakni sekitar 29.182.

“Ya dari total 29.182 Hektar yang ditanam pada bulan oktober 2020-Januari 2021 yang sudah dipanen ada sekitar 2000 Hektar dan petani akan kembali panen serentak pada bulan Maret-April tahun ini, sekitar 27.000 Hektar ” jelas Kepala dinas Pertanian Hi.Pariman.SP diruang kerjanya kamis (04/03).

Pariman mengatakan luas sawah yang paling banyak yaitu di Kecamatan RJU yaitu sekitar 10.000.00 Hektar, disusul kecamatan Mesuji timur 9.000.00 dan Kecamatan Mesuji 7.000.00 Hektar. Sementara sisanya sekitar 1000 hektar tersebar di kecamatan lain.

“Untuk hasil panen tiap tahun Mesuji terbilang bagus meski hanya mengandalkan air hujan karena Mssuji tidak ada saluran irigasi, dan kita akan suport terus para petani agar  bisa meningkatkan hasil panen dengan memberikan bantuan dari bibit pupuk dan obat-obatan untuk para petani, yang kita dapatkan dari bantuan kementrian pertanian,” imbuhnya.

Selain itu pihaknya juga pada tahun ini sedang berjuang dan berharap akan segera Mengeksekusi peraturan daerah (Perda) tentang  Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) agar pada tahun selanjutnya bisa mengusulkan  pembangunan jalan usaha tani ke kementrian pertanian.

“Dengan adanya perda tersebut kita  dapat membantu petani  untuk  mengusulkan pembangunan  jalan usaha tani. Ke kementerian Pertanian karena kendala petani di Mesuji sulitnya akses jalan yang membuat membengkak pengeluaran para petani ,” pungkasnya.

Laporan : Nara

error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version

Warning

: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18