TP PKK Lampura Geliatkan Produk Lokal Untuk Meningkatkan Ekonomi Warga

gentamerah.com | Lampung Utara— Produk-produk lokal Lampung Utara, seperti kerajinan dan makanan lokal diharapkan dapat menambah giat perekonomian dan  kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Penggerak PKK Lampura, Endah Prajawati saat membuka lomba cipta kreasi pangan lokal di halaman kantor PKK setempat, Kamis (8/9/2017).

Ketua TP PKK Lampura yang menggunting pita tanda dibukanya kios pemasaran terpadat untuk produk-produk hasil kreativitas dari masyarakat, mengatakan kuliner tradisional harus dijaga kelestariannya ditengah derasnya bermunculan berbagai macam makanan dari luar negeri. Karena makanan kuliner merupakan salah satu jati diri atau ciri khas daerah dan bangsa. ” Salah satu program PKK adalah bagaimana melestarikan makanan lokal  dan berkreasi dalam membuat menu dan jenis makanan tradisional baru. Dan saat ini kami juga akan meresmikan tujuh kios pemasangan bersama untuk produk makanan lokal dan produk kerajinan dimana tempat ini juga akan menjadi sumber oleh-oleh khas kabupaten Lampung Utara,” ujar Endah.

Kios-kios tersebut akan diisi oleh produk lokal dari 247 desa dari 23 kecamatan yang ada di Lampura. ” Kita juga sudah melakukan pelatihan kepada masyarakat, khususnya pelaku usaha kecil untuk bisa meningkatkan nilai tambah produknya. Kios-kios ini berfungsi memudahkan mereka untuk memasarkan produknya,” terang Endah.

Sementara itu Bupati Lampura, Agung Ilmu Mangkunegara yang membuka acara lomba itu mengatakan, acara tersebut merupakan momen penting untuk kembali mengingat dan melestarikan makanan tradisional.

“Anak-anak saat ini cenderung tidak mengenal makanan tradisional dan lebih suka terhadap jenis makanan instan dan siap saji, yang belum tentu baik kandungan gizi dan citra rasanya,” kata Bupati.

Harapannya, dengan adanya perlombaan dan pembukaan kios pemasaran terpadu itu akan menambah kreativitas masyarakat dalam memproduksi jenis panganan dan kerajinan lokal, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. ” Hendaknya melalui acara ini akan muncul ikon-ikon makanan dan kerajinan daerah yang bisa dibanggakan,” pungkasnya.

Penulis : Andrian Volta
 Editor : Yana

error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version

Warning

: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18