Rakor PKG Paud, Kadisdik Lampura : Pendidikan Berkualitas Dimulai Dari Kualitas Guru

 

Gentamerah.com || Lampung Utara –  Keberhasilan genarasi dua puluh tahun mendatang ditentukan kwalitas pendidikan anak usia dini, karenanya  Pendidikan Anak Usia Dini sebagai jenjang pendidikan yang akan membentuk generasi emas.

Hal itu terungkap saat  dinas pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Utara menggelar Rapat Koordinasi Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD bersama Penilik Kabupaten Lampung Utara. Di desa Muara Dua Kecamatan Abung Tinggi, Kamis (18/02/2021)

Kabid PAUD dan PNF, Yeni Sulistina  menyampaikan,  tujuan diadakannya rapat koordinasi PKG PAUD ini, selain untuk koordinasi dan mempererat silaturahmi juga untuk singkronisasi pelaksanaan program pengembangan pendidikan anak usia dini di Kabupaten Lampung Utara.

” Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua PKG PAUD dari 23 Kecamatan dan 10 orang Penilik,” ucap Yeni semberi menyampaikan sebelum pandemi covid 19, kegiatan serupa dilakukan secara rutin minimal 3 bulan sekali, namun dikarenakan pandemi, maka rakor ini hanya dilaksanakan setiap 6 bulan sekali,”kata dia

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Matsoleh menyampaikan, bahwa pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini sebagai jenjang pendidikan yang akan membentuk generasi emas yang akan datang, sehingga materi pembelajaran yang diberikan hendaknya lebih banyak kepada pendidikan karakter anak. 

” Keberhasilan generasi 20 tahun yang akan datang, ditentukan dari pendidikan yang diikuti oleh anak anak usia dini saat ini,” Terang Mat soleh

Menurut dia, keberhasilan pendidikan anak usia dini belum dapat dilihat saat ini, maka diharapkan   para pendidik PAUD harus dapat mengembangkan potensi dirinya, guna memberikan pendidikan yang berkualitas pada anak usia dini saat ini.

Mat Soleh  mengungkapkan, bahwa satuan pendidikan harus mempunyai standar operasional prosedur dalam melaksanakan pembelajaran kepada anak anak sebagai acuan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh anak usia dini yang telah menyelesaikan pendidikannya di PAUD.

Menjawab permintaan wali murid dan kepala sekolah PUD agar anak anak PAUD bisa melaksanakan kegiatan belajar tatap muka, Mat soleh menjelaskan,  Dinas Pendidikan masih terus berupaya mencari solusi terbaik agar semua peserta didik dapat belajar tatap muka yang diharapkan awal Maret 2021.

Ditempat yang sama, Ketua IPI Kabupaten Lampung Utara, Mona, menyampaikan permohonan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara melalui Kepala Dinas, agar dapat memberikan perhatian terkait  kesejahteraan para pendidik dan tenaga kependidikan non formal yang ada di Kabupaten Lampung Utara “Terutama untuk kesejahteraan guru PAUD dan Penilik yang tidak mendapatkan tunjangan  profesi seperti halnya Pengawas Sekolah di pendidikan formal,”Ujar nya

Menanggapi masukan dari ketua IPI tersebut dikatakan Matsoleh, dirinya akan berupaya  membantu memperjuangkan usulan tersebut dengan menugaskan Kepala Bidang yang membidangi untuk mempelajari secara menyeluruh agar dapat disampaikan pada Bupati Lampung Utara.

”Kami akan terus mengupayakan semua usulan kawan kawan agar dapat ditindaklanjuti segera sesuai dengan kemampuan daerah,” Pungkasnya.

Dalam acara rakor tersebut, dihadiri oleh kadis pendidikan mat soleh, didampingi Kabid Pembinaan PAUD dan PNF, Yeni Sulistina dan Kasi Sarana dan Prasarana Kelembagaan PAUD dan PNF, Irwansyah. (Gian paqih)

error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version