Pererat Persaudaraan, Bachtiar Basri-Zainal Abidin Gelar Prosesi Muwaghei

Pererat Persaudaraan, Bachtiar Basri-Zainal Abidin Gelar Prosesi Muwaghei

gentamerah.com Lampung Utara- Hi. Bachtiar Basri glr. Suttan Satria Negara dengan Hi. Zainal Abidin glr. Suttan Rajo Mangkunegara, melakukan prosesi Muwaghei (tradisi masyarakat adat Lampung dalam hal pengakuan persaudaraan keluarga besar), di Sesat Marga Negeri Sungkai Bungamayang, Desa Negeri Sakti Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara, Sabtu, (17/02/2018).
Ketua Penyelenggara Muwaghei, Hidayat Lembasi, tradisi adat Muwaghei merupakan hal yang lazim dilakukan dalam ranah kekeluargaan masyarakat adat Lampung.

“Dalam proses tradisi Muwaghei memiliki makna yang tidak ternilai dalam kerukunan hidup bermasyarakat. Tujuan utama yang terkandung dalam Prosesi Muwaghei, yakni meningkatkan tali persaudaraan dan merekatkan jalinan silaturahmi,” ujar Hidayat Lembasi.

Menurutnya,  bersatunya kedua tokoh di Provinsi Lampung dan Kabupaten Lampung Utara tersebut,  dalam ikatan persaudaraan keluarga besar sangat sejalan dengan perintah Allah SWT serta ajaran dan tuntunan keimanan Agama Islam.

“Allah SWT memerintahkan seluruh hamba-Nya agar senantiasa menjaga tali silaturahmi. Secara tersirat, Muwaghei merupakan perwujudan dari pelaksanaan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” tuturnya.

Lembasi mengungkapkan, pelaksanaan Muwaghei antara Hi. Bachtiar Basri  dengan Hi. Zainal Abidin, yang disaksikan Perwatin Marga Sungkai Bungamayang dan Perwatin Adat Abung Siwo Migo serta ratusan masyarakat dari berbagai tingkatan itu, diharapkan memberi dampak positif bagi seluruh masyarakat di Lampung dan  Lampura.

Mukhlis Basri, tokoh masyarakat Kabupaten Lampung Barat, yang hadir menyaksikan prosesi Muwaghei tersebut, dengan bersatunya kedua tokoh Lampung dalam ikatan persaudaraan  akan berdampak positif bagi perkembangan kebudayaan serta tatanan hidup bermasyarakat.

“Mereka ini (Bachtiar Basri dan Zainal Abidin.red) tidak bisa dipungkiri merupakan aset bangsa, aset Provinsi Lampung juga Kabupaten Lampung Utara. Saya berkeyakinan, peristiwa Muwaghei kedua tokoh ini akan mampu memberikan kontribusi yang sangat besar dalam tatanan kehidupan masyarakat di setiap tingkatan. Ini merupakan contoh yang harus menjadi tauladan bagi kita semua selaku insan manusia yang taat terhadap perintah Allah SWT,” pungkasnya

Penulis : Andrian Volta
 Editor : Seno
error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version

Warning

: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18