Selama Tiga Tahun, Lamteng Terima Kucuran Dana Desa Rp.515,4 Milyar

gentamerah.comLampung Tengah – Dengan adanya Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat, dapat mempercepat proses kemajuan dan kemandirian desa. Manfaatnya tidak hanya dirasakan dalam aspek pembangunan infrastruktur saja, namun juga sebagai penguatan kelembagaan di desa dan pemberdayaan masyarakat.

“Kemanfaatan dana desa tidak hanya dirasakan dalam aspek pembangunan infrastruktur saja, namun juga bermanfaat bagi penguatan kelembagaan di desa dan pemberdayaan masyarakat. Hal ini makin mempercepat proses kemajuan dan kemandirian desa, sehingga cita-cita membangun Indonesia, yang dimulai dari desa dan daerah pinggiran akan menjadi kenyataan,” ujar Wakil Bupati (Wabup) Lampung Tengah (Lamteng), Selasa (7/8/2018).

Hal ini disampaikan Wabup Lamteng, pada acara sosialisasi Diseminasi Dana Desa Padahal Karya Tunai Untuk Masyarakat Desa, berlangsung di Nuwo Balak Gunungsugih, yang dihadiri oleh Dirjen Pengembangan Keuangan dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu) RI, dan Ketua Badan Anggaran (Banang) DPR-RI, Azis Syamsuddin.

Menurut Loekman, adanya Anggaran Dana Desa (ADD) dapat dirasakan masyarakat secara langsung. “Selama tiga tahun ini, dana ADD yang masuk di Kabupaten Lamteng, sebesar Rp515.434.58l.000. Dan  telah dilaksanakan untuk pembangunan desa sebesar Rp448.355.382.827 atau terealisasi sebeaar 86,99 persen,” kata dia.

Dana tersebut, kata Loekman,  untuk pembangunan jalan desa sepanjang 1.446.925 Meter, 182 unit jembatan, drainase sepanjang 253.049 Meter, talud sepanjang 51.782 Meter, sumber air bersih 4 unit, 458 unit sumur bor, 77 unit MCK dan irigasi sepanjang 11.702 Meter.

Adapun pengembangan sumber daya manusia (SDM), yaitu 12 unit Pondok Bersalin Desa (Polindes), 6 unit Pos Pelan Terpadu (Posyandu) balita, 60 unit paket Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), 7 unit sarana Olahraga milik desa, dan 4 unit Gedung Badan Usaha Milik Desa (BUM-DES).

Acara sosialisasi singkat yang dibuka oleh Wabup Lamteng, Loekman Djoyosoemarto, dimulai sekitar pukul 09.00 Wib. itu diikuti sebanyak 301 Kepala Kampung (Kakam) dan 28 Camat se-Lampung Tengah. Nampak para Kakam sangat menyimak semua materi yang disampaikan.

Penulis : Gunawan
 Editor : Yana
error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version

Warning

: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18