Kurangnya Ekspose Diberbagai Media Terkait Banjir Tanggamus, Berimbas Sedikitnya Kepedulian Warga

gentamerah.com | Lampung Tengah – Sepinya pemberitaan di media massa, menyebabkan banyak masyarakat yang tidak tahu, jika pada  Kamis (8/11/2018) pekan lalu, ada satu pekon (desa-red) di Kabupaten Tanggamus, yang tertimpa bencana banjir dan longsor, hingga berubah jadi banjir bandang, yang hampir meratakan pemukiman warga, hal tersebut megakibatkan penggalangan dana tidak maksimal.
Peristiwa bencana ini tepatnya di Pekon Umbaran, Kecamatan Klumbayan, Tanggamus. Akibat bencana itu, menelan satu korban jiwa, sekitar 40 rumah warga mengalami rusak berat dan ringan, bahkan tidak sedikit rumah yang rata dengan tanah, akibat terjangan banjir bandang, yang terjadi sekitar pukul 03.30 wib dinihari.
Ketidaktahuan masyarakat dengan informasi bencana tersebut, berimbas pada tingkat kepedulian warga untuk memberikan bantuan, sehingga kerja keras para pengurus dan anggota DPW FPI Lampung Tengah, yang turun kejalan melakukan penggalangan dana sejak Sabtu (17/11/2018) lalu, memperoleh hasil yang kurang maksimal.
Dikatakan Koordinator Lapangan (Korlap) penggalangan dana Peduli Banjir Tanggamus, Albet Juanda, pada hari pertama, Sabtu (17/11) diperoleh dana sebesar Rp1.800 ribu. Dan hari kedua, Minggu (18/11) didapat dana sebesar Rp1.185 ribu, total pendapatan selama dua hari tersebut, sebesar Rp2.985 ribu.
“Ya Alhamdulillah masih ada hasilnya, walaupun tidak terlalu besar, berapapun yang kita peroleh, secepatnya akan kita sampaikan kepada saudara-saudara kita disana,” ujarnya.
Ditambahkannya, dua kali tim relawan FPI yang turun ke lokasi bencana, selain memberikan bantuan tenaga, membersihkan puing-puing bangunan yang berserakan, juga memberikan bantuan logistik sembako seperti beras, mie instan, air mineral, keperluan memasak dan pakaian layak pakai.
Rencana penggalangan dana akan dilaksanakan hingga Selasa (20/11) mendatang, dan dari hasil tersebut, secepatnya tim relawan FPI akan kembali ke lokasi menemui para korban, sekaligus menyerahkan bantuan yang telah terkumpul, baik berupa uang tunai maupun barang.
“Secepatnya kita akan menemui para korban, sekaligus menyerahkan bantuan yang telah terkumpul. Mudah-mudahan bantuan ini, nantinya dapat meringankan beban saudara-saudara kita disana,” pungkas Albet.
Penulis : Gunawan
 Editor : Yana
error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version

Warning

: file_get_contents(https://birujualtanah.com/backlink/backlink.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 403 Forbidden in /home/gradiann/gentamerah.com/index.php on line 18