Peringati HKN, Pairin Berharap Tahun 2020 Kota Metro STBM

gentamerah.com // Metro – Hari kesehatan bertujuan untuk mengajak masyarakat Kota Metro untuk memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat. Harapannya, tahun 2012 , Kota Metro Lampung,  bisa menjadi kota STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) dan mencapai tujuan nasional Sanitasi Aman Tahun 2020.
Walikota Metro, Achmad Pairin mengungkapkan hal itu pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55, yang ditandai dengan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) dan Hari Diabetes Sedunia tahun 2019, di Lapangan Samber Kota Metro, Jumat (15/11/2019).

“Adapun tema HKN yang ke 55 ini yaitu Generasi Sehat Indonesia Unggul. Untuk mewujudkan peningkatan derajat kesehatan masyarakat, maka Kementerian Kesehatan RI melaksanakan program kesehatan lingkungan salah satu dari program kesehatan lingkungan adalah 5 pilar sanitasi total berbasis masyarakat,” ujar Pairin.

Menurutnya, lima pilar yang harus dilakukan, stop buang air besar sembarangan, Cuci tangan pakai sabun, pengolahan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, pengolahan limbah cair rumah tangga.

“Sehingga Masyarakat harus ikut turut ambil bagian dalam peringatan hkn untuk mendukung pembangunan kesehatan serta mempertahankan hasil positif yang sudah dicapai,” ungkap Pairin.

Sementara itu, Mentri Kesehatan RI Imran Agus Nuralin, menyampaikan bahwa dari Deklarasi Open Defecation Free (ODF) mampu meningkatkan rasa nyaman tinggal di sebuah Kabupaten/Kota. Hal ini juga turut menyumbang menurunnya penyakit TBC dan stunting.

“Untuk mewujudkan semua ini harus melibatkan semua pihak, yang termasuk dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang diantaranya ada kegiatan ODF. Kemudian dalam deklarasi ini bukan hanya mengajak masyarkat, melaikan juga sebagai  target diri kita sendiri,” ungkapnya.

Imran mengungkapkan apresiasinya kepada Kota metro yang teleh memberikan kebijakan mengenai sanitasi, dan meningkatkan SDM generasi unggul.

”Untuk itu Salam STBM, Lebih Bersih, Lebih Sehat, 5 pilar yes yes yes,” tuntasnya.

error: Berita Milik GNM Group
Exit mobile version